Pengertian dan Sifat Rasul Ulul Azmi – Materi Akidah Akhlak MTs B1-S2

Materi Kedua Akidah Akhlak Kelas 8, Rabu (13/1/2021)
KETELADANAN RASUL ULUL AZMI KEISTIMEWAANNYA

Pengertian

Kata Ulul Azmi berasal dari bahasa Arab, yaitu : “Ulul” yang artinya orang yang memiliki, dan “Azmi” yang artinya cita-cita yang mantap. Secara istilah ulul azmi berarti rasul-rasul pilihan atau Nabi yang memiliki keteguhan hati, lapang dada dan sabar dalam menghadapi kaumnya yang menentang dirinya dan tidak mau menerima ajaran yang disampaikannya. Istilah ini muncul karena beberapa Rasul dihadapkan dengan persoalan-persoalan yang luar biasa sulit ketika menyampaikan dakwah dan ajaran yang dibawanya, sehingga mereka dihargai dengan gelar khusus yakni Ulul Azmi.

Adapun rasul-rasul yang mendapatkan gelar Ulul Azmi adalah sebagai berikut :

  1. Nabi Nuh As.
  2. Nabi Ibrahim As.
  3. Nabi Musa As.
  4. Nabi Isa As.
  5. Nabi Muhammad Saw.

Sifat Rasul Ulul Azmi

Rasul-rasul yang termasuk dalam kelompok Ulul ‘Azmi ini adalah orang yang memiliki ketabahan luar biasa, mempunyai ketetapan hati dan kesabaran, sekalipun dengan susah payah dan sangat berat dalam menegakkan syari’at Allah SWT, sehingga kesabaran mereka dipuji oleh Allah Swt sendiri sebagaimana dalam al-Qur’an surat al-Ahqaf ayat 35 berikut :

ulul azmi

Artinya : Maka Bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari rasul-rasul Telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (Inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

Ayat di atas menunjukkan bahwa para rasul Ulul Azmi hidup dalam perjuangan yang lebih berat. Namun mereka tetap teguh, sabar dan tawakkal dalam menyampaikan ajaran dan dakwahnya kepada umat manusia.

-Tugasnya-

Pilihlah salah satu dari Rasul Ulul Azmi dan carilah apa yang mereka alami selama menjalankan dakwah dan menyampaikan ajarannya, mulai dari keadaan kaumnya, rintangan yang dihadapi maupun cara yang mereka gunakan untuk mengatasi masalah selama berdakwah tersebut.

Tugas ditulis di kertas folio/hvs/kertas buku/buku catatan kemudian foto dan kirimkan di grup mata pelajaran masing-masing, jangan lupa dilengkapi dengan identitas.

Komentarmu?