Isi Kandungan Q.S Al Balad ayat 1-10

al balad

Rahmadanil.com | Al Balad

al balad 1-10

Terjemahan Q.S. Al Balad

Aku benar-benar bersumpah dengan kota ini (Mekah), (1) dan kamu (Muhammad) bertempat di kota Mekah ini, (2) dan demi bapak dan anaknya. (3) Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah. (4) Apakah manusia itu menyangka bahwa sekali-kali tiada seorangpun yang berkuasa atasnya (5) Dia mengatakan:”Aku telah menghabiskan harta yang banyak”. (6) Apakah dia menyangka bahwa tiada seorangpun yang melihatnya (7) Bukankah Kami telah memberikan kepadanya dua buah mata, (8) lidah dan dua buah bibir. (9) Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan. (10)

Isi Kandungan Q.S Al Balad

Pada ayat pertama, Allah bersumpah dengan menyebut kota Mekah. Sumpah Allah ini sebagai pengingat bahwa kota Mekah adalah kota suci, halal untuk tinggal dan  juga sebagai tempat ihram.

Ayat kedua menjelaskan bahwa Nabi Muhammad Allah beri keleluasaan untuk tinggal dalam kota Mekah tanpa merasa terhalangi oleh sesuatu apapun.

Ketiga, Allah bersumpah dengan menyebut bapak dan anak. Ini menunjukkan hubungan antara orang tua dan anaknya yang juga harus menjadi perhatian dalam kehidupan muslim.

Keempat tentang penciptaan manusia. Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang paling sempurna, namun dalam kesempurnaan itu Allah juga memberikan ujian berupa kesusahan dalam urusan dunia dan akhirat.

Advertisements

Kelima, menerangkan bahwa terkadang manusia ada yang berfikir segala yang mereka lakukan selama hidup nanti tidak akan dipertanggungjawabkan.

Keenam, jawaban manusia saat sudah menghabiskan banyak harta dan merasa Allah tidak akan menanyakan dari mana mendapatkannya dan untuk apa mereka gunakan harta tersebut.

Ketujuh, manusia masih mengira Allah tidak melihat segala perbuatannya, padahal Allah adalah zat yang maha melihat lagi maha mengetahui.

Kedelapan, Allah memberikan mata kepada manusia supaya bisa melihat kebaikan dan kasih sayang Allah.

Kesembilan, Allah memberikan lidah kepada manusia supaya bisa berbicara dan mengungkapkan apa yang ada di hati dan pikirannya. Selain itu Allah juga memberikan bibir untuk memberikan bentuk yang lebih indah.

Ayat sepuluh menjelaskan tentang jalan yang Allah berikan kepada manusia. Ada dua jalan yang Allah berikan, yaitu jalan kebaikan dan jalan keburukan.

tonton juga : kisah seorang pemuda yang digoda wanita cantik

Advertisements

Satu pemikiran pada “Isi Kandungan Q.S Al Balad ayat 1-10

  1. Allah telah menciptakan manusia dengan susah payah/tidak bermain-main dalam menciptakannya

Komentarmu?