ADAB TERHADAP GURU DAN ORANG TUA

Assalamu’alaikum…

Dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak minggu ini kita akan membahas tema tentang Adab terhadap Guru dan Orang tua. Tema ini sangat erat kaitannya dengan kehidupanmu sehari-hari, sehingga sangat penting untuk dipelajari dan dipraktekkan. Oleh karena itu tugas yang akan kamu lakukan dalam kegiatan pembelajaran hari ini adalah sebagai berikut :

  1. Membaca, mempelajari dan menulis point-point penting dari materi ini
  2. Mengungkapkan perasaanmu terhadap orang tua atau guru atau kedua-duanya atas jasa-jasanya selama ini. Buat dalam selembar kertas serapi mungkin. Konsepnya seperti membuat surat/diary, dari siapa kepada siapa (tidak harus menyebut nama, misalnya : dari Adek untuk Ibu tersayang);(jika untuk guru, boleh tulis nama gurunya boleh tidak), kemudian tulis isinya. Tidak harus panjang, yang penting perasaanmu sudah tersampaikan.
  3. Foto hasil kerjamu dan kirimkan ke WA pak Danil, jangan lupa lengkapi dengan identitas. Sangat dianjurkan untuk memperlihatkan/mengirimkannya ke orang tua/guru setelah tulisan itu selesai.
  4. Pengumpulan paling lambat hari ini jam 24.00 WIB.

-Materi-

Adab terhadap Orang Tua

Kedua orang tua merupakan sebab adanya manusia. Keduanya sering merasakan kelelahan karena mengurus anak dan menyenangkan mereka. Allah Subhaanahu wa Ta’aala mewajibkan hamba-hamba-Nya untuk berbakti kepada kedua orang tua. Bahkan memposisikan bakti pada orang tua setelah tauhid kepada Allah SWT. Oleh karena itu setiap muslim harus memiliki adab yang baik dalam bergaul dengan orang tua.

Dalil

Banyak ayat Al-Qur’an maupun hadis Nabi yang membicarakan tentang Adab terhadap orang tua, diantaranya adalah sebagai berikut :

Q.S Luqman : 15

“Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”

HR.Al-Haitsami

“Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya dan ditambahkan rezekinya, maka berbaktilah kepada kedua orang tuanya dan sambunglah tali silaturrahim.” (HR. Al-Haitsami)

HR.Tirmidzi

“Ridha Allah ada pada keridhaan orang tua dan murka Allah ada pada kemurkaan orang tua.” (HR. Tirmidzi dan Hakim dari Abdullah bin ‘Amr).

Adab baik terhadap orang tua

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbuat baik kepada orang tua, seperti beberapa hal di bawah ini :

  1. Mencintai dan sayang kepada kedua orang tua
  2. Menaati keduanya
  3. Menanggung dan menafkahi orang tua.
  4. Menjaga perasaan keduanya dan berusaha membuat ridha orang tuanya dengan perbuatan dan ucapan.
  5. Tidak memanggil orang tua dengan namanya
  6. Tidak duduk ketika keduanya berdiri dan tidak mendahuluinya dalam berjalan
  7. Tidak mengutamakan istri dan anak daripada kedua orang tua
  8. Mendoakan keduanya baik mereka masih hidup atau sudah wafat
  9. Berbuat baik kepada kawan-kawan orang tua setelah orang tua telah wafat
  10. Tidak Mencaci maki kedua orang tua.
  11. Tidak mengeraskan suaranya melebihi suara kedua orang tua demi sopan santun terhadap mereka.
  12. Menjawab panggilan mereka dengan jawaban yang lunak
  13. Bersikaplah rendah hati dan lemah lembut kepada kedua orang tua
  14. Tidak mengungkit-ungkit kebaikanmu kepada keduanya maupun pelaksanaan perintah yang dilakukan olehnya
  15. Janganlah ia memandang kedua orang tua dengan pandangan sinis dan bermuka cemberut kepada keduanya

Adab Terhadap Guru

Sosok guru tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari kita kecil sampai kita dewasa kita akan bertemu terus dengan sosok guru. Seorang yang diguguh dan ditiru ini menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada murid-muridnya agar mereka menjadi seseorang yang dapat berkarya sesuai dengan bakat, prestasi, dan kualitas yang dimilikinya. Dengan perannya yang sangat besar dalam kehidupan kita, maka guru wajib itu dihormati oleh kita. Dalam Islam pun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bersikap selaku murid terhadap gurunya. Di antaranya adalah:

  1. Menghormati dan menghargainya
  2. Tidak mencari-cari kelemahan dan kesalahannya
  3. Tidak menggibahnya (membicarakannya dengan yang dia tidak senangi), bahkan membelanya ketika dighibah oleh orang lain.
  4. Mendoakannya dari kejauhan semoga diberi pahala atas ilmu yang sudah ia ajarkan
  5. Mengambil manfaat dari kebaikan sang guru, dan tidak mencontohnya andai kata ia melakukan kekhilafan.
  6. Menisbatkan ilmu yang ia ajarkan kepadanya
  7. Menjaga adab berbicara dan diskusi dengannya
  8. Taat kepada guru kita dalam semua perkara kecuali perkara yang maksiat kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW
  9. Meminta izin kepada guru kita untuk bertanya atau pergi dari majlis. Memberi salam kepada guru apabila berjumpa dan sentiasa hormat kepadanya.
  10. Memberi perhatian besar dalam pengajaran guru, duduk dengan sopan dan senantiasa dalam keadaan tenang. Rendah hati di hadapan guru. Dengan rendah hati maka ilmu akan mudah masuk dalam diri murid.

-Selesai-

Komentarmu?