Macam-macam Alam Ghaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir

alam ghaib

Dalam materi sebelumnya sudah pak danil jelaskan tentang pengertian Iman kepada hari akhir, bahwa sebagai orang islam kita percaya adanya kehidupan lain setelah dunia dan seisinya ini hancur. Nah dalam materi kali ini kita akan belajar alam ghaib apa saja dan kejadian apa saja yang akan terjadi setelah hari kiamat.

Macam-macam Alam Ghaib yang Berhubungan dengan Hari Akhir

Alam ghaib pertama, manusia akan berada dalam alam Barzah atau alam kubur. Alam barzah ini bisa kita sebut juga sebagai tempat transit, orang-orang yang hidup sejak zaman nabi Adam dulu masih berada di sana. Manusia yang hidup di alam barzah ini sudah mulai merasakan hasil dari perbuatan mereka selama di dunia. Jika merasakan kenikmatan, maka kelak ia akan masuk surga. Sebaliknya, jika merasakan penderitaan dan kesakitan maka kelas ia akan masuk neraka.

Kedua disebut dengan yaumul ba’ats, ini adalah hari di mana manusia yang berada di alam barzah dibangkitkan. Kejadian ini terjadi ketika malaikat Isrofil sudah meniupkan terompetnya untuk yang kedua kalinya.

Ketiga adalah yaumul hasyr, adalah hari di mana manusia yang sudah dibangkitkan digiring ke sebuah padang pasir yang sangat luas. Tempat ini dinamakan dengan padang mahsyar. Di tempat ini manusia akan diberikan catatan amal perbuatan mereka.

Keempat adalah yaumul hisab, adalah hari di mana manusia dihitung amal perbuatannya selama di dunia. Saat itu seluruh anggota tubuh bisa berbicara dan menyampaikan kesaksiannya.

Kelima adalah yaumul mizan, yaitu hari di mana manusia ditimbang amal perbuatannya untuk menentukan tempat kemana mereka akan di bawa, surga atau neraka.

Keenam disebut dengan Sirath, yang artinya adalah jembatan. Bagi orang-orang yang sering melakukan kebaikan maka mereka akan melewati jembatan ini dengan lancar dan sampai di surga sedangkan para pendosa akan jatuh dan berakhir di neraka .

Ketujuh adalah Surga dan Neraka. Surga adalah tempat yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan. Mereka yang sudah masuk ke surga akan kekal di sana selama-lamanya. Sedangkan neraka adalah sebuah tempat yang disiapkan untuk memberikan balasan kepada para pendosa. Sama seperti penduduk surga, penduduk neraka juga kekal didalamnya.

Oke semua, sekian untuk materi kali ini. Sebagai bahan evaluasi silahkan isi beberapa pertanyaan melalui link  di bawah ini.
https://forms.gle/zf5MQbgNhZDSAJ717

Komentarmu?