Pengertian Iman Kepada Hari Akhir (materi akidah akhlak kelas 9 bag.1)

hari akhir

Materi pertama dalam pembelajaran Akidah Akhlak untuk kelas 9 adalah tentang Iman kepada Hari Akhir. Ini adalah materi terakhir dalam bab rukun iman yang telah dipelajari sejak kelas 7. Dalam materi pertama ini diharapkan siswa mampu :

  • mengetahui dan memahami pengertian iman kepada hari akhir
  • mengetahui dan memahami dalil tentang iman kepada hari akhir

Pengertian Iman Kepada Hari Akhir

Iman secara bahasa artinya percaya. Beriman kepada hari akhir berarti percaya dengan sepenuh hati bahwa suatu saat nanti alam semesta dan seisinya akan hancur dan berakhir. 3 (tiga) golongan yang berpendapat tentang hari akhir sebagai berikut:

  1. Atheis, yaitu golongan manusia yang mengingkari atau tidak mempercayai adanya hari akhir, juga disebut mulhid (tidak mempercayai adanya tuhan).
  2. Agama ardi, yaitu golongan manusia yang mempercayai adanya reinkarnasi, yaitu penjelmaan roh manusia.
  3. Golongan agama samawi, yaitu golongan manusia yang mempercayai adanya hari akhir dan adanya kehidupan akhirat. Golongan ini dianut oleh pemeluk agama yang berasal dari Allah Swt.

Dalil Beriman Kepada Hari Akhir

Dalil Aqli

Adalah dalil yang bersumber dari akal pikiran. Para pakar ilmu pengetahuan mengaakan bahwa matahari sebagai sumber energi dalam bentuk bola api yang sangat besar dan sangat panas suatu saat akan kehilangan cahayanya. Mula-mula ditandai dengan keadaannya yang semakin mengecil karena setiap detik matahari kehilangan beratnya sekitar 4.000.000 ton. Lalu habis dan jelaslah gelap gulita alam semesta beserta isinya, termasuk bumi yang kita tempati. Disinilah alam semesta mengalami kehancuran yang disebut hari kiamat.

Dalil Naqli

Adalah dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadis. Pembicaraan tentang ini cukup banyak dalam Al-Qur’an, seperti dalam Q.S Al-A’raf ayat 187

“Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

Link Tugas : https://forms.gle/6pNdadUuTqM5TFL97

Satu pemikiran pada “Pengertian Iman Kepada Hari Akhir (materi akidah akhlak kelas 9 bag.1)

Komentarmu?