Materi

Kisah Keteladanan Sayyidah Aisyah RA.

Assalamu’alaikum anak-anak…

Dalam pertemuan ini kita akan melanjutkan materi pembelajaran minggu lalu yakni kisah dari Sayyidah Aisyah R.A. Beliau adalah putri sahabat Rasulullah Saw. yaitu sahabat Abu Bakar Ash-Shidiq. Ibunya benama Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir. Beliau sangat dekat dengan ayahnya. Sifat-sifat yang menonjol yang dimiliki sayyidah Aisyah Ra. antara lain:

  1. Cerdas dan cantik
  2. Suci danTaat beribadah
  3. Sangat dicintai Rasulullah Saw.

Materi

Sayyidah Aisyah Ra. binti Abu Bakar Ash-Shidiq adalah istri Rasulullah Saw. yang paling muda dan paling terkenal setelah Siti Khadijah. Lahir di Makkah pada tahun 9 sebelum hiijrah. Sayyidah Aisya Ra. lahir setelah masa Jahiliyah. Jadi beliau dilahirkan sudah dalam keadaan Islam karena kedua orangtuanya sudah Islam. Beliau dikenal sebagai Ummul Mukminin (Ibunya orang-orang mukmin). Rasulullah Saw. menjuluki beliau “Al-Humaira” yang artinya kemerah-merahan (kulitnya putih dan pipinya kemerah-merahan). Menandakan Sayyidah Aisyah Ra. (Siti Aisyah) sosok wanita yang cantik.

Sejarah menyebutkan sayyidah Aisyah Ra. wafat pada usia 85 tahun. Pada tanggal 27 Ramadhan hari Senin (malam Selasa). Dimakamkan di Baqi’ setelah shalat witir. Makam Baqi’ adalah makam para sahabat Rasulullah Saw. dan orang-orang alim pada umumnya yang letaknya di sekitar masjid Nabawi Madinah. Yang memimpin shalat jenzahnya yaitu Abu Hurairah Ra. Semasa hidupnya ada banyak hal yang bisa diteladani dari Sayyidah Aisyah RA.,berikut ini beberapa di antaranya :

Kecerdasan Sayyidah Aisyah RA.

Sayyidah Aisyah adalah orang kedua paling banyak yang meriwayatkan hadis Nabi setelah Abu Hurairah. beliau tempat bertanya sekaligu rujukan para sahabat dan tabi’in yang berkenaan dengan hadis. Sayyidah Aisyah Ra. juga paham agama dan sangat baik pandangannya tentang kemaslahatan umat. Pandangan tentang halal dan haram (ilmu fiqih), syair, dan kesehatan juga beliau miliki. Sejak kecil rasa ingin tahunya sangat besar sehingga menjadi wanita pembelajar. Di kota Madinah, sayyidah mendirikan madrasah/ majelis keilmuan sebagai pengajar. Dari madrasah ini banyak lahir ulama terkemuka.

Sayyidah Aisyah RA. yang Suci dan Taat Beribadah

Sayyidah Aisyah Ra. Tidak hanya cerdas dan cantik saja, tetapi juga taat beribadah. Oleh karena itu beliau disebut sebagai wanita yang istimewa dan nama beliau ditempatkannya dalam al-Qur’an. Beliau termasuk wanita yang utama selain Siti Maryam dan Siti Asiyah.

Sayyidah Aisyah RA. Dicintai Rasulullah SAW.

Rasulullah Saw. menikah dengan sayyidah Aisyah Ra. di kota Madinah setelah semua umat Islam bergembira atas kemenangan Perang Badar. Pernikahan dilaksanakan pada bulan Syawal tahun ke-2 H. Selama hidup bersama suami beliau semakin menampakkan kebaikan-kebaikan dan kelebihan-kelebihan beliau. Kecintaan Rasulullah Saw. terhadap sayyidah Aisyah Ra. Juga dilatarbelakangi karena kecintaan Raulullah Saw. terhadap ayahanda Aisyah yaitu Abu Bakar Ash- Shidiq. Ayahanda Aisyah sebagai sahabat terdekat Rasulullah Saw. yang rela berkorban jiwa raganya untuk kepentingan Islam.

-Selesai-

Tugas

  1. Membaca, mempelajari dan menulis poin-poin penting dari materi ini
  2. Setelah mengetahui dan mempelajari keteladanan Umar bin Khattab dan Sayyidah Aisyah RA.,sekarang giliran kamu untuk bercerita tentang dirimu sendiri. Tulislah hal-hal baik dalam dirimu sendiri yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang lain dan juga hal-hal tidak baik yang seharusnya tidak boleh ditiru oleh orang lain. Tulis dalam selembar kertas dan dikumpulkan pada saat jadwal pengumpulan minggu depan.

 

Komentarmu?