Materi

Tawakkal, Sabar, Syukur dan Qanaah (akhlak terpuji bag. akhir)

sabar

Assalamu’alaikum, semoga anak-anak semua dalam keadaan sehat ya. Dalam pertemuan kali ini kita akan melanjutkan materi sebelumnya tentang Akhlak terpuji kepada diri sendiri yakni tentang Tawakkal, Sabar, Syukur dan Qanaah. Tugas kamu adalah :

  1. Membaca dan mempelajari materi tersebut, tulis point-point pentingnya
  2. Mencari masing-masing 2 contoh dari Tawakkal, Sabar, Syukur dan Qanaah

Materi

1. Tawakkal

Pengertian Tawakal

Tawakal berasal dari kata وكل (wakala) yang berarti menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan urusan kita kepada seseorang atau sesuatu. Dalam kaitan ini penyerahan tersebut adalah kepada Allah Swt. Tujuannya, untuk mendapat kemashlahatan dan menghilangkan kemudharatan.

Secara istilah arti tawakkal adalah menyerahkan suatu urusan kepada kebijakan Allah swt, yang mengatur segalanya-galanya. Tawakkal dilaksanakan setelah manusia melakukan ikhtiar dengan maksimal.

Dalil tentang Tawakkal

“Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut (kepada Allah) yang Allah Telah memberi nikmat atas keduanya: “Serbulah mereka dengan melalui pintu gerbang (kota) itu, Maka bila kamu memasukinya niscaya kamu akan menang. dan Hanya kepada Allah hendaknya kamu bertawakkal, jika kamu benar-benar orang yang beriman”. (QS.Al-Maidah-23)

“Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah Lembut terhadap mereka. sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu Telah membulatkan tekad, Maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya”.(QS.Ali Imran-159)

Dampak positif perilaku Tawakal

  1. Meningkatkan keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT
  2. Memperoleh ketenangan dan ketentraman jiwa
  3. Mengurangi beban pikiran, karena yakin manusia hanya berusaha Allah SWT lah penentunya.
  4. Mengurangi kejahatan dan tindak kriminal,
  5. Memperoleh keteguhan hati

2. SYUKUR

Pengertian Syukur

Kata Syukur berasal dari bahasa Arab شَكَرَ يَشْكُرُ شُكْرًا yang berarti berterima kasih. Bersyukur berarti kita berterimakasih kepada Allah swt atas karunia yang dianugerahkan Allah swt kepada dirinya.

Sedangkan menurut istilah syukur ialah memberikan pujian kepada Allah dengan cara taat kepada-Nya, tunduk dan berserah diri hanya kepada Allah SWT serta beramar makruf nahi mungkar.

Dalil tentang syukur

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku”.(Qs. Al-Baqarah : 152)

Macam-Macam Syukur

Bersyukur itu terbagi menjadi tiga, yaitu :

  • Bersyukur dengan lisan, maksudnya ialah mengakui segala kenikmatan yang telah diberikan oleh Allah SWT. dengan sikap merendahkan diri.
  • Bersyukur dengan badan, yakni Bersikap selalu sepakat serta melayani (mengabdi) kepada Allah SWT.
  • Cersyukur dengan hati, yaitu mengasingkan diri di hadapan Allah SWT. dengan cara konsisten menjaga dzikir akan keagungan dan kebesaran Allah SWT

Dampak positif perilaku syukur

  • Mendapat jaminan tambahan nikmat dari Allah SWT.
  • Mendapatkan ridla Allah SWT.
  • Terhindar dari sifat tamak yang dapat menjerumuskan diri kepada kufur nikmat.
  • Memperoleh kepuasan batin karena dapat mentaati salah satu kwajiban hamba terhadap khaliknya.

3. SABAR

Pengertian Sabar

Sabar merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Arab, صَبَرَ yang berarti menahan, mencegah atau tabah.
Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah menahan diri dari sifat kegundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Dalil tentang Sabar

“Hai anakku, Dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan Bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah)”.(Lukman : 17)

Macam-macam Sabar

Menurut Imam Ghazali sabar dibagi menjadi tiga macam, yakni :

  • Sabar dalam taat kepada Allah swt.
  • Sabar dalam menghindari maksiat.
  • Sabar saat menghadapi ujian atau musibah dari Allah swt.

Dampak Positif Sabar

  • Dapat membendung tipu daya setan, walaupun mereka punya kuasa atau kekuatan yang besar.
  • Allah SWT menjamin kenikmatan dunia dan akhirat kepada orang-orang yang sabar.
  • Mendapatkan ampunan dan pahala yang besar dari Allah SWT.
  • Akan berhasil atau sukses dalam kehidupannya, baik kehidupan dunia maupun akhirat

4. QONAAH

Pengertian Qonaah

Kata Qanaah berasal dari bahasa Arab Qana’a-yaqna’u-qana’an-qanaa’atan, yang berarti suka menerima yang dibagikan kepadanya, rela.

Secara istilah Qona’ah berarti menerima keputusan Allah SWT dengan tidak mengeluh, merasa puas dan penuh keridhaan atas keputusan Allah SWT, serta senantiasa tetap berusaha sampai batas maksimal kemampuannya.

Dalil tentang Qonaah

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu”. (An-Nisa’ : 32)

Dampak positif Qanaah

  • Jiwa dan pikiran lebih tenang, karena terbebas dari rasa iri dan dengki.
  • Disukai setiap orang, karena semua orang akan merasa aman dan nyaman
  • berada di sekelilingnya.
  • Mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat
  • Terhindar dari sifat tamak.
  • Terhindar dari ancaman siksa yang berat

Komentarmu?