Pengertian Al-Qur’an dan Hadis (materi Quran Hadis MTs kelas 7 bag.1)

pengertian dan sejarah Al-Qur'an

Materi pertama dalam pembelajaran Quran Hadis untuk kelas 7 MTs adalah tentang Al-Qur’an dan Hadis pedoman hidupku. Adapun tujuan pembelajaran untuk materi pertama bagian pertama ini adalah sebagai berikut :

• Peserta didik mampu menjelaskan dan memahami pengertian Al-Qur’an
• Peserta didik mampu menjelaskan dan memahami pengertian Hadis

a. Pengertian Al-Qur’an

Secara bahasa Al-Qur’an berasal dari kata kerja قَرَأَ yang berarti membaca dan kata dasarnya adalah qur’an yang berarti bacaan. Sedangkan secara istilah para ulama memberikan pengertian bahwa al-Qur’an adalah Wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui perantaraan malaikat Jibril secara mutawatir (berangsur-angsur) selama 22 tahun 2 bulan 22 hari dan membacanya dinilai sebagai ibadah.

b. Pengertian Hadis

Secara bahasa Hadis memiliki arti Baru, Peristiwa dan Cerita. Sedangkan menurut istilah, hadis adalah segala sesuatu yang disandarkan (bersumber) dari Rasulullah Saw. baik berupa perkataan, perbuatan, dan ketetapan nabi baik sebelum atau sesudah diutus menjadi rasul.

c. Al-Qur’an dan Hadis sebagai Pedoman Hidup

Al-Qur’an dan hadis adalah sumber utama ajaran Islam dan menjadi pedoman hidup umat Islam di seluruh dunia. Isi Al-Qur’an bersumber dari perkataan Allah sehingga kebenaran isinya sangat terpercaya. Sementara Hadis sumbernya adalah dari nabi Muhammad SAW, baik dari perkataannya, perbuatannya dan juga ketetapannya. Al-Qur’an dan Hadis berisi banyak hal, seperti pengetahuan, hukum, contoh teladan, cerita dan kisah, berita-berita, seni dan sastra dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu setiap muslim harus menjadikan keduanya sebagai pedoman agar bisa selamat hidup di dunia dan juga di akhirat.

2 pemikiran pada “Pengertian Al-Qur’an dan Hadis (materi Quran Hadis MTs kelas 7 bag.1)

  1. Secara bahasa Al-Qur’an berasal dari kata kerja yang berarti membaca dan kata dasarnya adalah qur’an yang berarti bacaan.Sedangkan secara istilah para ulama memberikan pengertian bahwa Al-Qur’an adalah wahyu Allah yang diturunkan kepada nabi Muhammad melalui perantara malaikat Jibril secara mutawatir (berangsur-angsur) selama 22 tahun 2 bulan 22 hari dan membacanya dinilai sebagai ibadah.Secara bahasa hadis memiliki arti Baru,Peristiwa dan Cerita.Sedangkan menurut istilah,hadis adalah sesuatu yang disandarkan (bersumber) dari Rasulullah Saw.baik berupa perkataan,perbuatan,dan ketetapan nabi baik sebelum atau sesudah diutus menjadi rasul.

  2. Pengertian al qur an bacaan .menurut istilah adalah wahyu allah yang diturunkan kepada nabi muhammad melalui perantara malaikat jibril secara berangsur angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari dan membacanya adalah ibadah .hadis adalah segala sesuatu yang bersumber dari rasullalah saw baik berupa perkataan perbuatan dan ketetapan nabi . Al quran hadis sebagai pedoman hidup umat islam di seluruh dunia .isi al quran bersumber dari perkatan allah sehingga kebenaran isinya sangat terpecaya sementara hadis sumbernya dari nabi muhammad berisi banyak hal seperti pengetahuan hukum contoh teladan cerita kisah berita seni dan lain lain . Keduanya sebagai pedoman agar bisa selamat hidup di dunia dan akhirat

Komentarmu?