Kisah Keteladanan Usman bin Affan

Usman bin Affan

rahmadanil.com – Nama lengkapnya adalah Usman bin Affan bin Abi Al-Ash bin Umayah bin Abdu Asy-Syam bin Abdu Manaf bin Qushai bin Killab bin Murrah bin Ka’ab bin Luway. Ibunya bernama Arwa bin Kuraiz. Beliau lahir pada pada tahun 577, tempat kelahirannya adalah kota Mekah. Ia kemudian wafat pada tahun 656 M.

Usman berasal dari Bani Umayyah yang kaya raya. Kepribadian yang dermawan dan selalu penuh hormat membuat orang selalu menyenanginya. Pada tahun 644 M, Ia menjadi khalifah ketiga menggantikan Umar bin Khattab. Beliau juga bergelar Dzun-Nurain atau orang yang memiliki dua cahaya. Gelar ini beliau dapatkan karena menikahi dua orang anak dari Rasulullah, yaitu Ruqayyah dan Ummi Kalsum.

Pertama beliau menikah dengan Ruqayyah, namun tak lama kemudian Ruqayyah ditimpa sakit dan akhirnya meninggal dunia. Rasulullah yang sangat menyenangi sifatnya kemudian menikahkannya lagi dengan adik Ruqayyah yakni Ummu kalsum, namun kemudian Ummi Kalsum juga sakit dan meninggal dunia.

Kisah Kedermawanan Usman bin Affan

Advertisements

Suatu masa pernah terjadi musibah kekeringan menimpa kaum muslimin.  Pada saat itu hanya ada satu sumur yang berair, kepunyaan seorang Yahudi. Rasulullah yang saat itu masih hidup kemudian menyampaikan bahwa jika ada orang yang mau membeli sumur itu nanti Allah akan membalasnya dengan surga.

Mendengar perkataan Rasulullah tersebut, Usman langsung berkata bahwa ia akan membelinya. Sumur itu kemudian diserahkan untuk kepentingan umat islam.

Pada kesempatan lain, Usman juga menunjukkan kedermawanan dan kebaikan hatinya. Peristiwa ini terjadi pada pemerintahan Abu Bakar ash-Siddiq. Saat itu umat islam Madinah sedang dilanda kelaparan, Usman yang mendengar kabar itu langsung mengirimkan bantuan. Sekitar 1000 ekor unta yang membawa bahan makanan usman kirimkan untuk membantu umat islam Madinah.

Beberapa keutamaan Usman bin Affan miliki :

  • Berakhlakul Karimah
  • Sopan santun dan lemah lembut
  • Peduli kepada kaum yang lemah
  • Dermawan
  • Mencintai Rasulullah
  • Memiliki tanggung jawab yang besar
  • Sabar dalam menghadapi cobaan

Tonton juga : Kisah Umar dan Seorang janda

Advertisements

Komentarmu?