Sikap Dermawan dan Kikir-Isi Kandungan Q.s Al-Lail ayat 1-7

dermawan

Pengertian Dermawan dan Kikir

Dermawan adalah sikap suka memberi dan berbagi kepada orang lain yang membutuhkan bantuan dan pertolongannya. Bantuan dan pertolongan tersebut bisa berupa tenaga, pikiran dan harta. Sikap dermawan ini harus diiringi juga oleh rasa ikhlas, sehingga apa yang ia berikan kepada orang lain bisa juga bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri. Sebaliknya, kikir adalah lawan dari dermawan. Seseorang yang memiliki sikap kikir tidak mau mengeluarkan hal-hal yang ia miliki baik berupa tenaga, pikiran dan harta untuk membantu orang lain. Jika memiliki harta kekayaan, ia menimbun harta tersebut untuk dirinya sendiri.

Sebagai seorang muslim, kita wajib untuk memiliki sikap dermawan. Bahkan dalam agama islam banyak sekali jalan yang disiapkan supaya kita bisa menyalurkan hal-hal yang kita miliki, seperti sedekah, zakat, infak, dan lain sebagainya. Dalam budaya negara kita Indonesia, sikap dermawan juga menjadi salah satu nilai penting dalam hidup bermasyarakat. Begitupun sebaliknya, orang yang kikir akan dijauhi oleh masyarakat.

Isi Kandungan Q.S Al-Lail ayat 1-7

Dalam Quran Surat Al-Lail ayat 1-7 dijelasn bahwa Allah Swt. telah bersumpah dengan menggunakan beberapa hal yang saling berlawanan. Sumpah Allah itu meliputi malam dan siang, dan penciptaan laki-laki dan perempuan. Dalam ayat tersebut Allah Swt. juga menjanjikan balasan yang terbaik berupa pahala dan surga diakhirat kelak, dan berbagai jalan kemudahan bagi orang-orang yang gemar bersedekah dan bertaqwa kepada-Nya.

Jadi bagi orang-orang yang memiliki sikap dermawan, Allah sudah berjanji akan menyiapkan banyak balasan untuk mereka. Balasan tersebut seperti pahala, surga dan berbagai kemudahan hidup lainnya. Oleh karena itu akan sangat merugi orang-orang yang tidak mau berbagi dalam hidupnya.

Hadis tentang Dermawan

Hadis adalah perkataan, perbuatan dan ketetapan nabi Muhammad. Dalam hal kedermawanan ini nabi Muhammad menyampaikan beberapa hal yang sangat penting dan bisa menambah motivasi kita untuk bersikap dermawan. Salah satu hadis yang menyampaikan tentang sikap dermawan ini adalah sebuah hadis dari Abu Hurairah dan diriwayatkan oleh Imam Muslim.

dermawan

“Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Tidaklah sedekah itu mengurangi harta, dan tidaklah Allah Swt. menambah bagi seorang hamba dengan pemberian maafnya (kepada saudaranya,) kecuali kemuliaan (di dunia dan akhirat), serta tidaklah seseorang merendahkan diri karena Allah Swt. kecuali Dia akan meninggikan (derajat)nya (di dunia dan akhirat).” (HR. Muslim).

Hadis di atas menjelaskan bahwa bersedekah tidak akan mengurangi harta yang kita miliki. Dengan sedekah justru keberkahan dari harta kita akan bertambah serta didapatkannya pahala dan tambahan kebaikan yang berlipat ganda.

~~Selesai~~

TUGAS UNTUK MINGGU INI
“Membaca Quran Surat Al-Lail ayat 1-7”

Ketentuannya :

  1. Bacalah Q.S Al-Lail ayat 1-7 sambil direkam menggunakan pesan suara (voice note di whatsapp)
  2. Kirimkan rekaman tersebut di WA grup Quran Hadis masing-masing
  3. Jangan lupa untuk menuliskan identitasmu dibawah rekaman tersebut
  4. Pengiriman paling lambat pada hari sabtu 24 Oktober 2020 jam 14.00 WIB.

==Selamat Belajar==

Komentarmu?