MateriTugas

Hadis tentang Rahmat Allah melebihi murka-Nya

rahmat

Memahami Isi Kandungan Hadis tentang Rahmat Allah melebihi murka-Nya
Riwayat Bukhari dari Abu Hurairah

Pada pertemuan ini kita masih membahas tema tentang Menikmati Kekuasaan dan Rahmat Allah. Sebelumnya kamu sudah membaca, mempelajari dan bahkan menghafal Q.S Asy-Syams dan Ali Imran ayat 190. Selain itu kamu juga sudah mempelajari isi kandungan dari kedua ayat Al-Qur’an tersebut. Nah, kali ini kamu akan diminta untuk mempelajari hadis tentang Rahmat Allah melebihi Murka-Nya yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

Sebelum masuk ke hadis tersebut, pak Danil akan menyampaikan terlebih dahulu komponen atau unsur yang ada di dalam hadis. Hadis itu sebagaimana yang sudah pak Danil sampaikan dalam video terdahulu adalah setiap perkataan, perbuatan dan ketetapan nabi Muhammad. Hadis terdiri dari 3 unsur yaitu :

a. Sanad adalah orang-orang yang menerima atau mendengar hadis dari Nabi lalu menyampaikannya kepada orang lain

b. Matan adalah isi hadis atau isi perkataan, bentuk perbuatan dan ketetapan Nabi, bisa juga disebut isi berita

c. Rawi adalah orang yang meriwayatkan hadis dan biasanya mereka mempunyai kitab hadis.

Nah itulah 3 unsur yang terdapat di dalam hadis, jika salah satunya tidak ada maka ia tidak bisa disebut sebagai hadis.

Berikutnya akan pak Danil sampaikan hadis yang akan kita bahas dalam tema ini :

Dari Sahabat Abu Hurairah ra., Rasulullah Saw. bersabda, “Tatkala Allah menciptakan para makhluk, Dia menulis dalam kitab-Nya, yang kitab itu terletak di sisi-Nya di atas ‘Arsy, “Sesungguhnya rahmat-Ku lebih mengalahkan kemurkaan-Ku.” (Hadis Riwayat Bukhari)

Hadis di atas menjelaskan bahwa rahmat Allah Swt. lebih dahulu ada dan lebih luas daripada murka-Nya. Hal itu disebabkan rahmat Allah Swt. adalah sifat yang sudah melekat pada diri-Nya dan diberikan kepada makhluk-Nya tanpa sebab apapun.

Komentarmu?