Isi Kandungan Al Maidah ayat 48 (Al-Qur’an dan Kitab Suci Lainnya)

Al maidah ayat 48

Rahmadanil.com – Al Maidah ayat 48

Al-Qur’an merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan kepada umat manusia melalui perantara Nabi-Nya. Sebelum Al-Qur’an ada kitab Taurat, Zabur dan Injil sebagaimana dalam Q.s Al Maidah ayat 48. Kitab Taurat Allah berikan kepada Nabi Musa, Zabur kepada Nabi Daud dan Injil kepada Nabi Isa.

Teks Ayat

وَاَنْزَلْنَآ اِلَيْكَ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتٰبِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْ عَمَّا جَاۤءَكَ مِنَ الْحَقِّۗ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَّمِنْهَاجًا ۗوَلَوْ شَاۤءَ اللّٰهُ لَجَعَلَكُمْ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰكِنْ لِّيَبْلُوَكُمْ فِيْ مَآ اٰتٰىكُمْ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اِلَى اللّٰهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيْعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيْهِ تَخْتَلِفُوْنَۙ

Terjemahan

Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. Untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.

Isi Kandungan Surat Al Maidah ayat 48

Al-Qur’an membenarkan kitab terdahulu

Allah Ta’ala menurunkan kitab Taurat dan Zabur, memujinya, dan memberikan perintah untuk mengikutinya. Begitu juga dengan injil, menceritakan, memujinya, dan menyuruh pemeluknya supaya mengamalkan isinya. Setelah itu Allah menurunkan Al-Qur’an yang mulia melalui hamba dan Rasul-Nya, Muhammad saw.

Allah berfirman, “Dan Kami telah menurunkan kepadamu Al-Qur’an dengan membawa kebenaran,” yakni dengan membawa kebenaran yang tidak diragukan lagi bahwa ia benar-benar dari sisi Allah.

“Yang membenarkan Kitab-kitab sebelumnya, yakni kitab-kitab terdahulu yang mengandung cerita dan pujian serta berita akan turunkannya sebuah Kitab dari sisi Allah kepada hamba dan Rasul-Nya, Muhammad saw”.

Maka turunnya Al-Qur’an merupakan perkara yang menambah kebenaran para pembawanya. Patuh kepada berbagai perintah Allah, mengikuti aneka syariat-Nya, membenarkan ucapan para Rasul-Nya yang menjanjikan akan datangnya Muhammad saw.

Allah yang memelihara Al-Qur’an – Al Maidah ayat 48

Firman Allah Ta’ala, “dan memeliharanya”, Ibnu Abbas berkata, “Yakni, menjaminnya. ” Ibnu Abbas juga menafsirkan bahwa Al-Qur’an menjaga dan menyempurnakan kitab yang sebelumnya. Ibnu Juraij menafsirkan bahwa Al-Qur’an itu menyempurnakan kitab-kitab yang mendahuluinya.

Setiap perkara yang sesuai dengan Al-Qur’an maka ia adalah kebenaran dan perkara yang tidak sesuai dengannya adalah batil.

Al-Qur’an sebagai pemelihara dan penyempurna kitab sebelumnya

Allah menjadikan kitab yang mulia ini sebagai kitab yang terakhir turun, penutup seluruh kitab, kitab yang paling komprehensif, paling agung, dan paling sempurna. Allah mengintegrasikan segala kebaikan kitab terdahulu dan menambahkannya dengan aneka kesempurnaan yang tidak ada dalam kitab-kitab sebelumnya.

Oleh karena itu, Allah menjadikan Al Qur’an sebagai bukti, pemelihara, dan yang menyempurnakan seluruh kitab lainnya. Dan Allah Ta’ala sendiri yang menjamin keterpeliharaannya. Dia berfirman, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan adz-Dzikr dan sesungguhnya Kamilah yang memeliharanya.”

Tonton juga kisah seorang pedagang yang jujur

 

Komentarmu?